Consumer Markets

KKR Beli 12,64% Saham ROTI

KKR, perusahaan investasi global yang sahamnya tercatat di Bursa New York, membeli 12,64% saham Nippon Indosari Corpindo Tbk (ROTI). Nilai transaksi tersebut diperkirakan mencapai Rp 847,75 miliar.

Dalam keterangan tertulis di situs KKR, perusahaan menyebutkan investasi ini dilakukan dengan sumber pendanaan dari Asian Fund III. Sebelumnya, perusahaan telah berinvestasi di Japfa Comfeed Tbk (JPFA) dan Gojek Indonesia.

“ROTI adalah investasi ketiga KKR di perusahaan konsumer terkemuka di Indonesia,” kata Jaka Prasetya, Managing Director KKR Asia. KKR fokus bermitra dengan perusahaan Indonesia yang kuat dan menjadi pemimpin pasar.

KKR optimis terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia di level 5% yang didorong oleh konsumsi. Pertumbuhan PDB per kapita dalam jangka panjang akan menjadi katalis bagi pertumbuhan jangka panjang produk konsumen bermerek, termasuk produk-produk ROTI.

Wendy Yap, Pendiri sekaligus Presiden Direktur dan CEO ROTI, mengatakan masuknya KKR sebagai investor baru ROTI akan membawa manfaat bagi perusahaan. “Kami percaya pengetahuan dan pengalaman KKR di sektor konsumen akan membawa manfaat untuk ROTI dan kami berharap keahlian serta dukungan penuh KKR dapat memacu pertumbuhan bisnis dalam jangka panjang,” kata Wendy.

Pada perdagangan Kamis (26/10), harga saham ROTI naik 5,51% menjadi Rp 1.340. (*)