Consumer Industry & Trade Markets

MAPI Tutup Gerai Lotus dan Debenhams

Mitra Adi Perkasa Tbk (MAPI) berencana menghentikan operasi Lotus Department Store pada akhir Oktober 2017 dan Debenhams Department Store pada akhir tahun ini. Penutupan kedua department store tersebut dilakukan untuk mengikuti perubahan tren ritel global.

Fetty Kwartati, Kepala Komunikasi Perusahaan MAPI, mengatakan keputusan ini merupakan bagian dari restrukturisasi perusahaan yang telah disampaikan dalam paparan publik Juni lalu. ” Di seluruh dunia, milennial tidak lagi berbelanja di department stores, mereka lebih suka berbelanja di specialty stores, tidak terkecuali di Indonesia,” kata Fetty.

MAPI akan fokus mengonsolidasikan bisnis department store melalui SOGO, Seibu, dan Galeries Lafayette. Sejalan dengan tren di pasar, MAPI akan meningkatkan investasi untuk divisi Active, Fashion, dan Food and Beverage (F&B).

“Indonesia menyaksikan pertumbuhan signifikan di e-commerce yang berdampak pada toko-toko konvensional. Untuk merespons disrupsi ini, MAPI telah meluncurkan MAPeMall dan akan meningkatkan upaya untuk menumbuhkan bisnis O2O sebagai bagian visi kami untuk menjadi pemimpin peritel omni-channel di Indonesia,” kata Fetty. Perseroan menilai, langkah ini akan memperbaiki kinerja di masa depan dan memberikan nilai tambah bagi pemegang saham. (*)