Consumer Industry & Trade Markets

KINO Ekspansi ke Pasar Thailand

Kino Indonesia Tbk (KINO) membentuk dua perusahaan patungan (joint venture) bersama Malee Capital Company Limited (Malee), perusahaan asal Thailand. KINO akan mengekspor produk-produk perawatan dan pemeliharaan tubuh serta farmasi ke Thailand melalui perusahaan patungan Malee Kino (Thailand) Company Limited.

KINO juga akan mengimpor dan memasarkan produk-produk minuman Malee di Indonesia melalui Kino Malee Indonesia. KINO akan menjadi pemegang 51% saham Kino Malee Indonesia dan 49% saham Malee Kino Company Ltd.

“Kerja sama ini akan membuat keberadaan produk perawatan dan pemeliharaan tubuh dan farma dari KINO di pasar mancanegara semakin meningkat,” kata Budi Muljono, Finance Corporate Division Head KINO. Di sisi lain, produk minuman Malee akan melengkapi portofolo minuman KINO.

Perseroan melihat peluang di pasar minuman Indonesia masih sangat besar. Pada 2016, nilai pasar industri minuman tumbuh 8,46% dibandingkan dengan 2015 sebesar 7,54%.

“Potensi industri minuman di Indonesia secara umum bersifat kompetitif tetapi sangat menjanjikan. Malee merupakan salah satu pemain minuman terbesar di Thailand antara lain di kategori jus buah dan air kelapa,” kata Budi.

Segmen bisnis ini dinilai menawarkan prospek pertumbuhan yang tinggi dengan potensi pertumbuhan kelas menengah dan perbaikan daya beli masyarakat. Pembentukan perusahaan patungan akan dibiayai dengan dana IPO perseroan yang dialokasikan untuk penyertaan modal untuk mendukung pertumbuhan anorganik. (*)