Finance Markets

KREN Siapkan IPO Tiga Anak Usaha

Kresna Graha Investama Tbk (KREN) menyiapkan penawaran umum perdana saham tiga anak usaha dan perusahaan afiliasinya pada 2018. Salah satu perusahaan tersebut akan mencatatkan sahamnya di Bursa New York.

Michael Steven, Direktur Utama KREN, mengatakan anak usaha yang akan dicatatkan sahamnya di New York Stock Exchange (NYSE) adalah perusahaan pembuat aplikasi digital yang berbasis di Singapura. “Kami akan catatkan sahamnya di NYSE karena banyak permintaan dari investor di luar negeri dan perusahaan itu basisnya juga di luar negeri,” kata Michael. Dua perusahaan KREN lainnya yang akan ditawarkan sahamnya tahun depan adalah Kresna Life Insurance (Asuransi Jiwa Kresna) dan satu perusahaan digital.

Saat ini KREN memiliki penyertaan modal minoritas di KPISoft Pte Ltd, perusahaan digital di bidang jasa pengelolaan sumber daya manusia yang berkantor pusat di Singapura. Mitra KREN di perusahaan tersebut adalah investor Singapura dan Amerika Serikat (AS).

Selain itu, perseroan juga memiliki saham di DominoPos Pte Ltd, perusahaan penyedia peranti lunak untuk sistem pembayaran bergerak (mobile payment) dan MDAQ Pte Ltd, perusahaan di bidang teknologi keuangan (financial technology/fintech). Di Indonesia, KREN berinvestasi di sejumlah perusahaan teknologi, seperti Digital Artha Media (DAM) yang merupakan penyedia sistem pembayaran digital Mandiri e-cash dan M Cash Integrasi Tbk (MCAS) yang merupakan perusahaan distribusi digital.

Portofolio investasi KREN di bidang digital mencapai 80%-90% dari total portofolio perusahaan. Kontribusi dari bisnis digital mencapai lebih dari 50% dari pendapatan perseroan dan diestimasi akan terus meningkat dibandingkan lini bisnis perusahaan di bidang jasa keuangan dalam beberapa tahun ke depan. (*)