​Metro Pacific Tingkatkan Kepemilikan Saham di META
toll roads

​Metro Pacific Tingkatkan Kepemilikan Saham di META

Metro Pacific Tollways Corp (MPTC), perusahaan kontraktor dan pengelola jalan tol dari Filipina, meningkatkan kepemilikan sahamnya di PT Nusantara Infrastructure Tbk (META) dari 42,25% menjadi 47,08%. MPTC membeli 6,6 miliar saham META dari Matahari Kapital Indonesia (MKI) senilai USD 132 juta.

MPTC memiliki saham META secara tidak langsung melalui anak usahanya, Metro Pacific Tollways Indonesia (MPTI). Rodrigo E Franco, Presiden Direktur dan CEO MPTC, mengatakan MPTC akan mendukung META dengan kekuatan perusahaan di sektor infrastruktur, khususnya jalan tol. Investasi ini juga menjadi salah satu strategi perusahaan untuk ekspansi ke beberapa negara tetangga, termasuk Indonesia, Thailand, dan Vietnam.

“Masuknya MPTC sebagai pemegang saham META akan memperkuat posisi pasar perusahaan dan mempercepat pertumbuhan perseroan di bisnis jalan tol,” kata Muhammad Ramdani Basri, Direktur Utama META.

META saat ini mengoperasikan 34,47 km jalan tol di empat wilayah yang menghubungkan badara, pelabuhan, dan kawasan industri. Sementara itu, MPTC mengoperasikan jalan tol North Luzon Expressway (NLEX) sepanjang 84 km, Subic Clark Tarlac Expressway (SCTEX) sepanjang 93 km, dan Cavite Expressway sepanjang 14 km. MPTC memiliki tiga konsesi jalan tol yang dalam tahap pembangunan, yakni Cavite Laguna Expressway (CALAX) sepanjang 45 km, Cebu-Cordova Link Expressway (CCLEX) sepanjang 8 km, dan NLEX-SLEX Connector Road sepanjang 8 km.

Pada sesi pertama perdagangan Senin (6/11), harga saham META naik 12,38% menjadi Rp 236. (*)

Leave a Reply

Close Menu