Consumer Infrastructure Markets

Asian Games dan Pemilu Jadi Katalis Indeks

Perhelatan Asian Games, pelaksanaan pemilihan kepala daerah (Pilkada) dan persiapan Pemilihan Umum 2019 akan menjadi katalis bagi perekonomian dan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) tahun depan. IHSG berpotensi menyentuh level 7.000 poin, meningkat 11% dibandingkan proyeksi akhir tahun ini sebesar 6.300 poin dan pertumbuhan earning per share (EPS) diestimasi mencapai 12%.

Henry Wibowo, Plt Kepala Riset dan Strategis Bahana Sekuritas, mengatakan ketiga agenda besar tersebut akan berdampak positif terhadap perekonomian. “Akan banyak dana tunai yang beredar di masyarakat sehingga tingkat konsumsi masyarakat kelas menengah ke bawah akan meningkat,” kata Henry.

Dalam Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) 2018, belanja subsidi energi meningkat menjadi Rp 103,4 triliun, terdiri atas subsidi BBM dan LPG 3 kg sebesar Rp 51,1 triliun dan subsidi listrik Rp 52,2 triliun. Angka subsidi energi ini meningkat 15,27% dibandingkan dengan anggaran tahun lalu sebesar Rp 89,7 triliun.

Di sisi lain, persiapan Asian Games akan menguntungkan industri televisi karena banyak iklan olah raga yang ditayangkan. Pembangunan sejumlah proyek infrastruktur pun akan dipercepat untuk mendukung fasilitas Asian Games. Pemerintah berencana membangun jalan baru sepanjang 856 km, jalan tol sepanjang 25 km, pembangunan jembatan 8.761 km, 7.062 unit perumahan, irigasi sepanjang 781 km, dan 15 lokasi baru bandara.

Henry menilai, ada beberapa saham yang akan terpengaruh oleh peningkatan konsumsi masyarakat, pembangunan infrastruktur, dan pelaksanaan Asian Games. “Dengan daya beli yang semakin kuat, permintaan kredit pada tahun depan akan tumbuh double digit. Kualitas kredit akan membaik sehingga provisi turun dan profitabilitas perbankan lebih baik pada 2018,” kata Henry.

Bahana merekomendasikan BELI saham Bank Mandiri Tbk (BMRI) dan Bank BNI Tbk (BBNI) yang gencar memberikan kredit di proyek infrastruktur, dengan target harga masing-masing Rp 8.500 dan Rp 10.000 per saham. Bahana juga merekomendasikan BELI saham Jasa Marga Tbk (JSMR) dengan target harga Rp 6.600 dan Semen Indonesia Tbk (SMGR) dengan target harga Rp 11.600 per saham.

Untuk sektor yang terkait dengan konsumsi, Bahana merekomendasikan BELI saham Matahari Department Store Tbk (LPPF) dengan target harga Rp 14.500 per saham dan Ramayana Lestari Sentosa Tbk (RALS) Rp 1.430 per saham. Selain itu, saham yang direkomendasikan adalah Gudang Garam Tbk (GGRM) dengan target harga Rp 83.000 dan Indofood CBP Tbk (ICBP) dengan target Rp 10.600 per saham.

Di sektor media, saham-saham yang direkomendasikan adalah Surya Citra Media Tbk (SCMA) dengan target harga Rp 2.350 per saham dan Media Nusantara Citra Tbk (MNCN) dengan target harga Rp 2.000 per saham. (*)