Industry & Trade Markets

BRPT akan Buyback Saham Rp 200 Miliar

Barito Pacific Tbk (BRPT) berencana membeli kembali (buyback) maksimal 100 juta saham perseroan dengan alokasi dana Rp 200 miliar. Aksi korporasi ini akan dilakukan secara bertahap.

Manajemen BRPT dalam prospektusnya menyebutkan, perseroan mengalokasikan dana dari kas internal untuk buyback tersebut. “Dana yang disisihkan merupakan dana lebih sehingga tidak mengganggu operasional perusahaan,” ujar manajemen BRPT.

Perseroan menilai saat ini harga sahamnya berada di bawah nilai fundamental perseroan sehingga aksi buyback diharapkan bisa meningkatkan likuiditas perdagangan saham perseroan. Selain itu, buyback akan memberikan fleksibilitas bagi BRPT untuk mencapai struktur permodalan yang efisien, meningkatkan earning per share (EPS) dan return on equity (ROE) secara berkelanjutan.

“Menurut hasil analisis laporan perseroan, pelaksanaan buyback saham tidak akan berpengaruh negatif yang signifikan terhadap kinerja dan pendapatan perseroan karena saldo laba dan arus kas perseroan saat ini mencukupi,” kata manajemen BRPT.

Perseroan menunjuk Henan Putihrai untuk melaksanakan buyback saham pada periode 15 Desember 2017 hingga 14 Juni 2018. Aksi korporasi ini masih menunggu persetujuan dari Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) pada 13 Desember mendatang.

Pada sesi pertama perdagangan Senin (6/11), harga saham BRPT naik 0,97% menjadi Rp 2.080. (*)