Markets Mining & Energy

INDY Terbitkan Obligasi Valas USD 575 Juta

Indika Energy Tbk (INDY) melalui perusahaan afiliasinya, Indika Energy Capital III Pte Ltd (IEC III), menerbitkan obligasi dalam valuta asing senilai USD 575 juta. Dana hasil penerbitan obligasi tersebut akan digunakan untuk membiayai pembelian 45% saham Kideco Jaya Agung.

Azis Armand, Direktur INDY, mengatakan perseroan telah menyelesaikan roadshow dan pricing untuk penerbitan obligasi tersebut. Obligasi INDY menawarkan bunga 5,875% per tahun dan imbal hasil 6,125% per tahun. Obligasi tersebut akan dicatatkan di Singapore Exchange Securities Trading Limited.

Nilai obligasi yang diterbitkan lebih rendah dibandingkan rencana semula sebesar USD 600 juta. Seperti diketahui, INDY membutuhkan dana USD 677,5 juta untuk membiayai pembelian tambahan 40% saham Kideco dari Samtan dan 5% saham Kideco dari Muji. Jika transaksi ini tuntas, kepemilikan INDY di Kideco akan meningkat menjadi 91%.

Perseroan bersama IEC III, Indika Inti Corpindo (IIC), Tripatra Engineering (TPE), Tripatra Engineers and Constructors (TPEC), dan Tripatra Singapore Pte Ltd (TRIS) telah menandatangani purchase agreement dengan Citigroup Global Markets Singapore Pte Ltd dan Standard Chartered Bank sebagai joint lead managers dan bookrunners, pada 2 November 2017. Obligasi ini dijamin dengan jaminan perusahaan oleh INDY, IIC, TPE, TPEC, dan TRIS.

Obligasi ini juga dijamin dengan gadai saham yang diberikan perseroan, TPEC, dan IIC di para penjamin, Kideco Jaya Agung, dan saham Indika Energy Pte Ltd di IEC III. Berdasarkan purchase agreement, penerbit dan para penjamin akan menandatangani indenture dengan Citicorp International Limited sebagai trustee dalam jangka waktu 5 hari kerja setelah pricing. (*)