Finance Industry & Trade Markets

ASII Proyeksikan Belanja Modal Rp 15 Triliun di 2018

Astra Internasional Tbk (ASII) memproyeksikan belanja modal (capex) 2018 sebesar Rp 14 triliun-Rp 15 triliun. Perseroan akan menggunakan kas internal dan pinjaman bank untuk mendanai kebutuhan belanja modal tersebut.

Tira Hardianti, Head of Investor Relations ASII, mengatakan proyeksi capex tersebut merupakan proyeksi konservatif dibandingkan capex tahun ini yang direncanakan sebesar Rp 21 triliun. Realisasi capex ASII hingga September mencapai Rp 10,9 triliun dan diperkirakan mencapai Rp 17 triliun pada akhir tahun ini.

“Dalam lima tahun terakhir, investasi grup Astra mencapai Rp 20 triliun-Rp 21 triliun per tahun tetapi tahun depan ada hal-hal yang harus diperhatikan menjelang Pemilu,” kata Tira. Angka belanja modal masih bisa berubah berdasarkan kebutuhan.

Hingga September 2017, perseroan memiliki posisi net cash senilai Rp 1,2 triliun. Perseroan juga memiliki ruang yang cukup besar untuk mencari pinjaman dari perbankan atau opsi pinjaman lainnya. Namun, perusahaan juga menjaga supaya porsi utang tidak terlalu besar agar tidak menambah beban bunga di masa depan. (*)