Markets Property

PTPP Siapkan Rp 541 Miliar untuk Low Cost Housing

PT Pembangunan Perumahan Tbk (PTPP) menyiapkan dana Rp 541 miliar untuk membangun low cost housing. Perseroan menjalin kerja sama strategis dengan Hanwha Engineering & Construction Corporation, perusahaan konstruksi asal Korea Selatan, untuk membangun 6.000-7.000 unit low cost housing pada tahap awal.

Agus Purbianto, Direkur Keuangan PTPP, mengatakan dana yang dialokasikan untuk pembangunan low cost housing berasal dari penyertaan modal negara (PMN) yang dilakukan akhir tahun lalu. “Sumber dana dari PMN itu nanti bisa kita leverage tiga kali lipat,” kata Agus.

Dengan modal Rp 541 miliar, perseroan berpotensi mengumpulkan dana hingga Rp 1,6 triliun untuk membiayai pengembangan low cost housing. Perseroan dan Hanwha berencana membangun hingga 170.000 unit low cost housing atau rumah untuk masyarakat berpendapatan rendah (MBR) pada 2017-2021.

Hanwha dipilih sebagai mitra karena memiliki teknologi software engineering dan pengalaman membangun 100.000 unit rumah di Kota Bismayah, Irak dengan metode full precast. “Kami sudah siapkan beberapa lahan, antara lain di Bugel (Tangerang), Sudimara (Tangerang Selatan), dan beberapa kawasan BUMN yang belum bisa saya sebutkan sekarang. Ada juga pembangunan transit oriented development (TOD) di Juanda dan Tanah Abang,” kata Agus.

Proyek perumahan ini akan dibangun secara bertahap mulai kuartal II 2018. “Sesuai business plan, akan dibangun bertahap 6.000 unit-7.000 unit. Kalau sudah selesai tahap I, baru mulai tahap selanjutnya,” ujar Agus. (*)