Industry & Trade Markets

INKP Terbitkan MTN Rp 1 Triliun

Indah Kiat Pulp & Paper Tbk (INKP) menerbitkan medium term notes (MTN) senilai Rp 1 triliun dengan tenor 3 tahun dan bunga 10,25% per tahun. Dana hasil penerbitan MTN akan digunakan untuk modal kerja dan belanja modal (capex) perseroan.

Menurut manajemen INKP, MTN ini dibeli oleh perusahaan afiliasi, yakni Sinarmas Asset Management senilai Rp 326 miliar dan Bank Sinarmas Tbk (BSIM) sebesar Rp 15 miliar. INKP, Sinarmas Asset Management, dan BSIM secara tidak langsung dimiliki oleh Keluarga Widjaja.

Kantor Jasa Penilai Independen (KJPP) Toto Suharto dan Rekan menilai transaksi ini memungkinkan perusahaan mendapatkan modal kerja dengan beban bunga yang lebih rendah. Penerbitan MTN sebagai alternatif pendanaan juga dinilai lebih singkat dibandingkan proses pinjaman dari bank.

“Industri pulp dan kertas di Indonesia masih sangat dibutuhkan terutama dengan meningkatnya kebutuhan kertas setiap tahun. Rencana perseroan untuk menerbitkan MTN untuk modal kerja dalam pengembangan usahanya adalah wajar,” kata KJPP Toto Suharto dan Rekan. Besaran kupon MTN yang ditetapkan juga berada dalam rentang imbal hasil pasar surat utang grade A+ yang berkisar 9,5%-11,20%.

INKP menargetkan pendapatan sebesar USD 2,86 miliar pada 2017, naik 5% dibandingkan 2016. Perseroan berencana memperluas pasar ekspor ke beberapa negara di Asia, Timur Tengah, dan Afrika. Ekspor berkontribusi sekitar 60% terhadap pendapatan perusahaan. (*)

About the author

Hari Widowati

Add Comment

Click here to post a comment