Finance Markets

BBRI Beli 35% Saham BAV

Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI) membeli 71.207 saham baru atau 35% dari saham ditempatkan di Bahana Artha Ventura (BAV). Nilai transaksi ini mencapai Rp 71,32 miliar.

BBRI akan menjadikan BAV sebagai kendaraan untuk berinvestasi di sektor fintech. Hal ini telah dilakukan bank-bank lain, seperti Bank Mandiri Tbk (BMRI) melalui Mandiri Capital Indonesia (MCI) dan Bank Central Asia Tbk (BBCA) dengan Central Capital Ventura.

Menurut manajemen BBRI, penyertaan modal di BAV merupakan bagian dari strategi pertumbuhan anorganik pada lembaga keuangan non-bank dengan produk atau jasa yang bersifat complementary. Akuisisi ini akan mendukung rencana perseroan untuk memberikan layanan keuangan terintegrasi kepada nasabah.

BAV akan meningkatkan peran perseroan dalam mengembangkan usaha di segmen usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dan meningkatkan kolaborasi perseroan dengan start-up fintech. “Pemilihan BAV sebagai investee dilakukan karena kesamaann fokus bisnis di UMKM yang akan mempermudah sinergi ke depan,” kata manajemen BBRI dalam keterbukaan informasi. Selain itu, kantor cabang BAV yang tersebar di daerah sangat tepat untuk mendukung program perseroan untuk penyertaan di perusahaan non-keuangan dan program pemerintah lainnya.

Pasca transaksi ini, pemegang saham BAV adalah BBRI sebesar 35% dan Bahana Pembinaan Usaha Indonesia (BPUI) 65%. (*)

About the author

Hari Widowati

Add Comment

Click here to post a comment