Finance Markets

BBNI Salurkan Kredit UMKM Rp 300 Miliar

Bank BNI Tbk (BBNI) menyalurkan kredit ke sektor usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) sebesar Rp 300 miliar melalui Permodalan Nasional Madani (PNM). Ini merupakan penyaluran kredit tahap VII dari total komitmen kredit BBNI melalui PNM sebesar Rp 750 miliar.

Imam Budi Sarjito, Direktur Kepatuhan dan Risiko Perusahaan BBNI, mengatakan kerja sama dengan PNM ini dilakukan sejak 2007 melalui skema kredit program. “Total kredit yang telah dikucurkan BNI ke PNM hingga saat ini mencapai Rp 1,27 triliun,” kata Imam.

PNM menyalurkan kredit tersebut kepada sekitar 15.000 nasabah Unit Layanan Modal Mikro (ULaMM) dan Membina Keluarga Sejahtera (Mekaar). ULaMM merupakan model pembiayaan untuk usaha mikro dan kecil yang disertai bimbingan untuk mengembangkan usahanya. Adapun Mekaar merupakan kredit modal kerja bagi kaum wanita dari keluarga pra sejahtera untuk membuka usaha.

Hingga kuartal III 2017, kredit BBNI di segmen menengah tumbuh 11,4% menjadi Rp 67,67 triliun sedangkan kredit segmen kecil naik 8,2% menjadi Rp 53,74 triliun. Porsi kredit menengah terhadap total kredit BBNI mencapai 16,1% sedangkan kredit kecil 12,8%. (*)