Finance Markets

BCAP Tawarkan 40% Saham kepada Investor Strategis

MNC Kapital Indonesia Tbk (BCAP), induk perusahaan jasa keuangan Grup MNC, akan menawarkan 40% sahamnya kepada investor strategis dengan skema share placement. Dana hasil penjualan saham ini akan digunakan untuk mengembangkan bisnis jasa keuangan dan ekspansi-ekspansinya di masa mendatang.

“Dana dari hasil penempatan saham strategis ini akan digunakan untuk pengembangan bisnis di unit-unit usaha di bawah perseroan,” kata Wito Mailoa, Direktur Utama BCAP.

Saat ini pemegang saham BCAP terdiri atas MNC Investama Tbk (BHIT) 68,78%, UOB Kay Hian Hong Kong Ltd 9,24%, HT Capital Investment Ltd 7,12%, Darma Putra Wati 0,04%, Tien 0,018%, Totok Sugiharto 0,004%, dan masyarakat 14,78%. Jumlah saham perseroan mencapai 5,47 miliar saham.

Perseroan tidak menjelaskan apakah saham yang akan dilepas adalah saham dari pemegang saham lama atau saham baru. Jika menggunakan jumlah saham saat ini maka jumlah saham yang akan dilepas mencapai 2,19 miliar saham.

Harga saham BCAP dalam 3 bulan terakhir bergerak di kisaran Rp 1.565-Rp 1.600. Dengan menggunakan asumsi harga saham tersebut, perseroan berpotensi mendapatkan dana Rp 3,42 triliun-Rp 3,5 triliun dari private placement itu.

BCAP memiliki 7 unit bisnis yang bergerak di bidang perbankan dan jasa keuangan. MNC Bank Tbk (BABP) membidik pasar korporasi maupun konsumer untuk memobilisasi dana pihak ketiga dan pinjaman. MNC Finance fokus pada pembiayaan konsumer dengan mayoritas portofolio untuk pembiayaan rumah bekas dan mobil bekas.

MNC Leasing fokus pada jasa leasing untuk korporasi dengan lease jenis operating dan financial termasuk anjak piutang. MNC Sekuritas menyediakan jasa pialang saham dan instrumen pendapatan tepat, jasa transaksi saham online, penjamin emisi, penasihat jasa keuangan, dan riset.

MNC Asset Management mengelola dana nasabah melalui reksadana, reksadana berbasis di luar negeri, private equity, dan unitlinked asset management yang bekerja sama dengan MNC Life. MNC Insurance adalah perusahaan asuransi umum yang membidik nasabah ritel dan korporasi. MNC Life adalah perusahaan asuransi jiwa yang menawarkan produk tradisional maupun unitlinked. (*)

About the author

Hari Widowati

Add Comment

Click here to post a comment