BBRI Tuntaskan Akuisisi BAV pada November
money

BBRI Tuntaskan Akuisisi BAV pada November

Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI) akan menuntaskan akuisisi 70% saham Bahana Artha Ventura (BAV) pada November 2017. Perseroan akan menggunakan perusahaan modal ventura itu sebagai kendaraan untuk berinvestasi di sektor financial technology (fintech).

“Proses akuisisi Bahana Ventura sudah di ujung, bulan depan kita selesaikan,” kata Suprajarto, Direktur Utama BBRI. Perseroan telah mengalokasikan dana Rp 4 triliun untuk anak-anak usahanya, termasuk untuk membiayai akuisisi BAV tahun ini.

Perkembangan dunia teknologi khususnya di sektor keuangan memunculkan perusahaan-perusahaan fintech yang memberikan terobosan dalam hal kredit, sistem pembayaran, referral, e-commerce, dan crowd funding. Beberapa bank telah memiliki perusahaan ventura yang berinvestasi di sektor fintech, misalnya Bank Mandiri Tbk (BMRI) dengan Mandiri Capital Indonesia dan Bank Central Asia Tbk (BBCA) dengan Central Capital Ventura (CCV).

BBRI pun tidak ingin ketinggalan menjajaki peluang tersebut. Hal ini merupakan salah satu strategi perusahaan untuk terus tumbuh dan menjadi bank paling berharga di ASEAN pada 2022. Menurut data Otoritas Jasa Keuangan (OJK), per September 2017 terdapat 22 perusahaan fintech yang terdaftar dengan nilai transaksi terbesar Rp 1 triliun. (*)

Leave a Reply

Close Menu