HRTA Ekspansi 50 Gerai di 2018
gold

HRTA Ekspansi 50 Gerai di 2018

Hartadinata Abadi Tbk (HRTA), produsen dan penyedia perhiasan terintegrasi, akan menambah 50 gerai pada 2018 melalui kerja sama eksklusif dengan Matahari Department Store Tbk (LPPF). Perseroan menyiapkan dana sekitar Rp 100 miliar untuk belanja modal penambahan gerai tersebut.

Sandra Sunanto, Direktur Utama HRTA, mengatakan perseroan bisa menjangkau konsumen di Tanah Air melalui jaringan LPPF. Kerja sama ini menggunakan skema profit sharing. “Kami mendapatkan benefit dari sisi jaringan Matahari yang luas dan efisiensi dari sisi branding. Di sisi lain, kami juga memberikan competitive advantage bagi Matahari karena hanya di Matahari ada gerai emas kami,” kata Sandra.

Kerja sama ini dimulai dengan pembukaan gerai ACC di Matahari Department Store Karawaci, Tangerang pada kuartal III 2017. Pada kuartal IV 2017, perseroan akan membuka 4 gerai di LPPF di Surabaya, Bali, Makassar, dan Jakarta.

Perseroan juga bekerja sama dengan institusi yang lain dengan skema profit sharing, seperti perusahaan, koperasi karyawan, dan lain-lain. Saat ini baru ada 1 gerai ACC yang menggunakan skema ini di kantor Asabri, Jakarta Timur.

Perseroan juga berencana menambah 4 mitra waralaba. “Ada beberapa permintaan franchise di Solo, Purwokerto, Palembang, dan Makassar,” kata Sandra. Hingga kuartal III 2017, perseroan memiliki 4 mitra waralaba di Bandung, Jakarta, dan Batam. Untuk toko milik sendiri, HRTA memiliki 2 toko Celine, 2 toko Claudia, dan 7 toko ACC yang seluruhnya berada di Bandung.

Meski gencar ekspansi, perseroan memperkirakan kontribusi dari toko terhadap penjualan HRTA akan mencapai 10%-15% dalam tiga tahun ke depan. Angka ini hanya sedikit meningkat dibandingkan kontribusi hingga kuartal III 2017 sebesar 8,3%. “Kami memerlukan waktu 3-5 tahun untuk mematangkan penjualan dari toko baru,” kata Sandra. Pada akhir tahun ini, perseroan menargetkan penjualan sebesar Rp 2,3 triliun-Rp 2,5 triliun. (*)

Leave a Reply

Close Menu